Apa yang dimaksud dengan COBIT?

Control Objective for Information & Related Technology (COBIT) adalah sekumpulan dokumentasi best practice untuk tata kelola TI yang dapat membantu auditor, pengguna, dan bagian manajemen untuk menjembatani gap antara resiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan masalah-masalah teknis TI. (Sasongko, 2009)

COBIT mendukung tata kelola TI dengan menyediakan kerangka kerja untuk memastikan keselarasan antara TI dengan bisnis. Selain itu, kerangka kerja juga digunakan untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat serta memastikan bahwa resiko TI dikelola secara tepat dan sumber daya TI digunakan secara bertanggung jawab. (Tanuwijaya dan Sarno, 2010)

COBIT merupakan standar yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai framework IT audit karena dikembangkan secara berkelanjutan oleh lembaga swadaya yang terdiri dari auditor-auditor profesional yang tersebar di hampir seluruh negara.

COBIT Maturity Models

COBIT menyediakan parameter untuk melakukan penilaian terhadap proses pengelolaan TI pada suatu organisasi dengan menggunakan maturity models. Maturity models ini dapat digunakan untuk menilai baik dari segi management awareness maupun dari segi maturity level. Skalanya bervariasi, mulai dari non-existent sampai dengan optimised. (Purwanto dan Saufiah, 2010; Setiawan, 2008; Nurlina dan Cory, 2008)

COBIT 5 Governance and Management Key Areas

Berbeda dengan versi COBIT sebelumnya, COBIT versi 5 memisahkan governance dan management secara eksplisit

 

sumber: https://medium.com/@stevanihalim/cobit-d96c234e86a7

Tinggalkan Balasan