Biro & Departemen

ADMINISTRASI UMUM

Administrasi Umum merupakan fungsionaris BEM FIKTI Universitas Gunadarma yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mengelola setiap dokumen yang dibutuhkan dalam kegiatan, baik itu berupa penyusunan proposal, surat menyurat, mengontrol dana kegiatan, dan juga laporan pertanggungjawaban.


Benefit: Meningkatkan kemampuan sebagai sekretaris dan bendahara khususnya dalam menyusun proposal, LPJ, surat menyurat, dan anggaran dana.

1. Bagian Keuangan

Bertugas untuk menyusun anggaran kegiatan, mencatat dan bertanggung jawab atas setiap pemasukan dan pengeluaran kegiatan, dan juga menyusun laporan keuangan kegiatan.

2. Bagian Kesekretariatan

Bertugas untuk menyusun proposal kegiatan, mengurus surat menyurat, mencatat segala hal penting yang diperlukan dalam kegiatan, mengurus daftar hadir peserta kegiatan, dan menyusun laporan pertanggungjawaban kegiatan.

BIDANG MANAJEMEN INFORMASI DAN BISNIS

1. Biro Bisnis dan Kemitraan

Bertugas sebagai pilar perekonomian BEM FIKTI UG dan menciptakan wadah bagi para mahasiswa yang berjiwa kreatif dalam bidang wirausaha.


Benefit: Meningkatkan pemasukan keuangan BEM FIKTI UG dan memperkenalkan FIKTI melalui produk-produk yang dijual oleh BEM FIKTI UG.

2. Biro Hubungan Masyarakat

Membangun, menjalin, serta menjaga relasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, baik internal maupun eksternal, dan menjadi mediator penyampaian informasi yang akurat, dan relevan dari dalam maupun luar BEM FIKTI UG untuk melancarkan kegiatan BEM.


Benefit: Menambah pengalaman dalam berkomunikasi dengan pihak BEM FIKTI maupun pihak dari luar.

3. Biro Media

Membawa BEM FIKTI UG lebih dekat dengan mahasiswa FIKTI, menggunakan berbagai jenis media menarik yang dikemas dengan desain visual yang kreatif dan mudah dipahami. Serta mengelola informasi yang masuk dan keluar dari BEM FIKTI UG dalam bentuk cetak maupun elektronik.


Benefit: Menambah pengalaman di bidang desain grafis serta mendapat pengalaman dalam berorganisasi.

4. Biro Pengembangan Teknologi Informasi

Memiliki peran aktif untuk penerapan teknologi di lingkungan FIKTI dan BEM FIKTI UG serta bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi di BEM FIKTI UG.


Benefit: Meningkatkan kemampuan anggotanya di bidang penerapan teknologi khususnya web, dan lain sebagainya.

BIDANG MANAJEMEN KONTROL

1. Biro Penelitian dan Pengembangan

Melakukan penelitian dan pengembangan dalam lingkup internal dan eksternal BEM FIKTI UG 2019/2020 dalam rangka menciptakan kinerja pengurus yang sangkil, mangkus, dan optimal.


Benefit: Meningkatkan kecermatan dan tingkat berfikir yang sangat rasional. Menambah pengalaman untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan suatu masalah. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menciptakan keberhasilan pada program kerja

2. Biro Sumber Daya Manusia

Memantau dan mengontrol tugas pengurus BEM FIKTI UG dalam rangka terciptanya pengurus yang handal, kompeten serta adaptif terhadap kegiatan akademik dan nonakademik yang dilaksanakan oleh BEM FIKTI UG.


Benefit : Meningkatkan kreatifitas, kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan rasa kemanusiaan, serta membangun karakter yang peka terhadap lingkungan.

BIDANG MINAT BAKAT

1. Departemen Akademik

Mewadahi, meningkatkan serta mengembangkan bakat dan minat mahasiswa/i FIKTI UG guna memperluas wawasan, mengasah hardskill, hingga meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang teknologi informasi khususnya bagian akademis. Juga menjadi solusi jawaban bagi mahasiswa yang ingin berdiskusi dan bertukar informasi mengenai kemampuan hardskill agar lebih berkompeten di lingkungan baik internal maupun eksternal FIKTI UG.


Benefit: Menambah pengalaman dalam membentuk serta mengembangkan acara bidang akademis seperti seminar, workshop, dan kompetisi. Menambah pengalaman dalam berkomunikasi dengan pihak sponsor yang nantinya bisa menjadi sponsor dari proker yang dipimpin. Turut serta mengembangkan potensi mahasiswa FIKTI dalam bidang akademis.

2. Departemen Olahraga

Departemen nonakademik yang memiliki kewajiban untuk mewadahi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan olahraga sesuai dengan bakat yang diminati oleh mahasiswa FIKTI.


Benefit: Menambah pengalaman dalam mengurus kepanitiaan acara olahraga dan bakat minat olahraga yang ada di FIKTI.

3. Departemen Seni Budaya

Departemen nonakademik yang memiliki kewajiban untuk mewadahi mahasiswa FIKTI yang berbakat dalam bidang kesenian serta mengajak mahasiswa FIKTI untuk melestarikan batik sebagai kebudayaan negara Indonesia.


Benefit: Menyalurkan minat di bidang seni khususnya musik, serta membangun pengalaman kepanitiaan acara musik.

BIDANG SOSIAL DAN POLITIK

1. Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa

Menampung minat, bakat dan aspirasi mahasiswa FIKTI UG melalui komunitas dan organisasi mahasiswa serta siap mengelola dan menyalurkan informasi seputar kampus kepada mahasiswa FIKTI UG secara tepat dan menyeluruh.


Benefit: Menambah relasi antar mahasiswa FIKTI UG baik jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer, ikut serta dalam membangun FIKTI UG yang lebih baik lagi ke depannya, dan mensejahterakan mahasiswa FIKTI UG.

2. Departemen Kajian dan Aksi Strategis

Departemen Kajian dan Aksi Strategis berorientasi pada kajian yang kreatif dalam membumikan isu, serta responsif terhadap berbagai gerakan dan tindakan nyata sebagai bentuk kontribusi serta penyikapan terhadap isu-isu sosial dan politik yang berkembang pada tingkat fakultas, universitas, maupun nasional.


Benefit: Berperan sebagai roda penggerak dalam pergerakan mahasiswa FIKTI.

3. Departemen Pengabdian Masyarakat

Memiliki kewajiban untuk peka, cepat tanggap, dan aktif tentang isu sosial masyarakat dan juga berfungsi untuk mewadahi mahasiswa FIKTI yang peka serta peduli terhadap keadaan atau permasalahan lingkungan dan masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan tindakan nyata.


Benefit: Meningkatkan rasa kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya, dan juga membantu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menghargai perbedaan yang tengah terjadi di antara masyarakat sekitar.